Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini di TK Islamiyah Pontianak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak kelas B. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemampuan berhitung berdasarkan indikator perkembangan anak. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar anak berada pada kategori kemampuan sedang. Setelah diberi perlakuan melalui permainan congklak, terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil posttest, dengan rata-rata nilai meningkat dari 5,8 menjadi 15,6. Hasil uji-t menunjukkan nilai sebesar 36,151 > 2,228, yang berarti terdapat pengaruh signifikan permainan congklak terhadap kemampuan berhitung anak. Dengan demikian, penggunaan permainan tradisional congklak terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, serta dapat meningkatkan minat dan hasil belajar berhitung anak usia dini.
Copyrights © 2025