Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Chromebook sebagai Media Pembelajaran Multiliterasi dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Fase A

Lutfi, Ahmad (Unknown)
Surya Indah, Endang Citra (Unknown)
Choiriyah, Khabib (Unknown)
Faisal, Yusuf (Unknown)
Jannah, Siti Roudhotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan kolaboratif. Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut untuk mengikuti arus ini dengan menerapkan pendekatan multiliterasi yang meliputi literasi digital, visual, dan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan Chromebook sebagai sarana pembelajaran multiliterasi pada siswa fase A (kelas I dan II sekolah dasar). Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan guru serta siswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan Chromebook dapat meningkatkan kompetensi multiliterasi siswa serta mendukung terciptanya proses belajar PAI yang lebih inovatif, partisipatif, dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital bagi pendidik dan peningkatan sarana teknologi sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...