Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek. Berdasarkan analisis kondisi pembelajaran di TK Islam Wildatun Nisa, ditemukan bahwa 7 dari 11 anak pada kelompok B memiliki kreativitas yang kurang berkembang. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang saling terkait dan berkontribusi pada perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran secara langsung dan nyata sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus dengan tiga pertemuan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Wildatun Nisa. Pelaksanaan kegiatan belajar melalui metode proyek yang dimulai dari siklus I hingga siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari proses kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari perbandingan persentase kreativitas anak antara siklus I yang mencapai 54,3% dan siklus II yang mencapai 81,6%. Penerapan metode proyek pada anak usia dini memberikan pengaruh yang positif pada kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Copyrights © 2025