Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi budaya lokal pada pembelajaran matematika materi bangun datar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan pendekatan Discovery Learning yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan bermakna. Selama ini, pembelajaran matematika di sekolah dasar sering dianggap monoton dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, pengintegrasian budaya lokal seperti motif kain tapis dan bentuk arsitektur rumah adat Lampung dalam LKPD diharapkan mampu membangun keterkaitan antara materi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil validasi oleh ahli terhadap aspek materi, media, dan bahasa menunjukkan skor kelayakan rata-rata sebesar 0,940 yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya, hasil uji normalitas menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,80 yang berada dalam kategori tinggi, menandakan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa secara signifikan setelah menggunakan LKPD. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis budaya lokal mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif berdiskusi, dan lebih memahami konsep bangun datar dalam konteks yang relevan dengan lingkungan sosial budaya mereka. LKPD ini efektif sebagai media pembelajaran kontekstual berbasis budaya daerah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025