Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Al-Aqsha Parepare

Misbar, Nurul Fadilah (Unknown)
Ashari, Novita (Unknown)
Mulianah, Sri (Unknown)
Asqia, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi anak-anak di TK Al-Aqsha melalui modul PHBS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg dan Gall, yang mencakup sepuluh tahapan. Namun dalam pelaksanaannya, pengembangan hanya dilaksanakan hingga tahap ketujuh, yakni revisi produk berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa validasi oleh ahli materi mencapai 92%, validasi oleh ahli media sebesar 98%, dan oleh ahli bahasa sebesar 91%, yang seluruhnya masuk dalam kategori "Sangat Layak". Penilaian guru melalui lembar observasi menunjukkan tingkat kelayakan 100% dengan kategori "Sangat Baik", observasi terhadap anak memperoleh skor 89% dengan kategori "Sangat Layak", dan hasil angket respons dari guru mencapai 95%, juga dalam kategori "Sangat Layak". Dengan demikian, pengembangan perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran PHBS pada anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...