Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mengetahui bentuk pola perilaku bullying serta bagaimana dampak dari perilau bullying yang terjadi di TK harapan bunda Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi deskriptif adapun data dan sumber data yang diambil berupa kata-kata tentang perilaku bullying yang terjadi pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa TK Harapan Bunda Kota Jambi, terdapat perbedaan perilaku di antara anak-anak usia 5-6 tahun yang berkontribusi pada munculnya perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying yang terjadi di sana dapat diklasifikasikan atas tiga kategori utama, yakni bullying verbal, bullying fisik, dan bullying non-verbal. Adapun Dampak yang terjadi di TK Harapan Bunda Kota Jambi bagi pelaku yaitu ada 4 perilaku kelompok dominan yang berkuasa egois dan agresif, merasa selalu ingin menang dijauhi orang sekitar, tidak disukai orang sekitarnya, dan terganggunya perkembangan. Selanjutnya dampak korban perilaku bullying di TK Harapan Bunda Kota Jambi yaitu ada 3, mudah menangis sehingga memiliki rasa tidak nyaman bagi korban, memiliki perasaan cemas dan takut yang berlebihan, dan gangguan kesehatan mental seperti kurang kepercayaan diri, pendiam, dan memurungkan diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025