Perkembangan kosakata sangat penting karena menjadi fondasi utama bagi kemampuan komunikasi dan pembelajaran anak di masa depan. Penelitian akan mengeksplorasi bagaimana orang tua dapat berperan lebih efektif melalui strategi yang tepat dalam mendukung pengembangan kosakata anak. Permasalahan yang diangkat adalah Kurangnya intervensi orang tua dalam pengembangan kosakata yang dapat menghambat kemampuan bahasa anak. Maka, fokus penelitian guna mengetahui peran orang tua yang lebih optimal dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak. Tujuan umum penelitian adalah menganalisis peran orang tua untuk mengembangkan kosakata anak usia dini, sedangkan tujuan khususnya meliputi identifikasi strategi yang digunakan orang tua, evaluasi dampak strategi tersebut, dan penyusunan rekomendasi bagi orang tua serta lembaga pendidikan. Metode kualitatif berpendekatan deskriptif, mengumpulkan data dengan wawancara pada orang tua dan observasi aktivitas belajar anak di rumah dan sekolah, kemudian analisa melalui teknik reduksi, menyajikan serta menyimpulkan. Luaran penelitian diharapkan berupa informasi strategi efektif dapat digunakan orang tua guna menguatkan penguasaan kosakata anak, serta rekomendasi bagi lembaga pendidikan guna memperkuat keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak. Partisipasi aktif keluarga dalam pengembangan kosakata anak diyakini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak secara signifikan.
Copyrights © 2025