Penelitian ini bertujuan menganalisis adaptasi proses pembelajaran bagi siswa inklusif di kelas rendah SD Cahaya Bangsa Metro. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan tiga guru kelas rendah dan satu guru pendamping khusus (GPK) sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan modifikasi kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis gaya belajar siswa, serta menggunakan media konkret dan visual untuk meningkatkan pemahaman. Tantangan utama yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan tentang pendidikan inklusif, dan perbedaan kemampuan siswa. Namun, dukungan dari kepala sekolah serta kolaborasi dengan orang tua menjadi faktor penting dalam mengatasi hambatan tersebut. Guru juga menerapkan penilaian adaptif dan otentik yang menekankan proses dan kemajuan siswa, bukan hanya hasil akhir. Penelitian ini memberikan wawasan tentang praktik pendidikan inklusif yang efektif di sekolah dasar serta strategi yang dapat diterapkan untuk mendukung keberagaman kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025