Pendidikan karakter merupakan fondasi krusial dalam pembentukan kepribadian anak sejak usia dini.  Karakter primer yang perlu ditanamkan ialah cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran pengajar dalam menanamkan karakter cinta tanah air berbasis kearifan lokal budaya jawa kepada peserta didik di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan 1 Gondowangi. Metode penelitian menggunakan naratif kualitatif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. hasil penelitian memberikan bahwa pengajar berperan sebagai learning manager (pemimpin pembelajaran), guru menjadi fasilitator, administrator, inovator, motivator, menjadi fungsi dinamisator, serta sebagai supervisor. Bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan pengajar untuk menanamkan karakter cinta tanah air mencakup kegiatan rutin seperti menyanyikan lagu nasional setiap hari, upacara bendera setiap hari senin, mengintegrasikan kurikulum muatan lokal Bahasa jawa, Menyanyikan lagu daerah, mengenakan pakaian adat jawa setiap hari sabtu, melibatkan anak dalam melaksanakan tradisi dan kebudayaan secara langsung dan konstektual. memperingati hari besar nasional, bermain permainan tradisional, menari tari-tarian tradisional serta mengenalkan cerita rakyat dan produk budaya lokal seperti batik dan makanan khas Jawa. Guru juga melibatkan orang tua dan lingkungan sekitar dalam mendukung pembentukan karakter tersebut. Kesimpulannya, peran aktif dan kreativitas guru sangat menentukan dalam keberhasilan penanaman karakter cinta tanah air sejak dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025