Kemampuan representasi matematis siswa sangat penting untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk menggagaskan suatu ide matematika dalam berbagai bentuk pernyataan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan pada 3 siswa SMP yang ada di daerah Wanareja. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kualitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal tes kemampuan representasi berupa 2 soal uraian. Hasil penelitian ini diperoleh siswa dengan kategori representasi tinggi memenuhi indikator representasi visual dan representasi simbolik dengan baik, namun belum memenuhi representasi verbal. Siswa pada kategori sedang memenuhi indikator representasi simbolik, namun belum memenuhi indikator representasi verbal dan representasi visual. Siswa pada kategori rendah belum memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis
Copyrights © 2025