Gunung Djati Conference Series
Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III

Tahap Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Konteks Bangun Ruang Sisi Datar

Salma, Ni’mah Humairo (Unknown)
Arcdyan, Zammara Hasya (Unknown)
Maryono, Iyon (Unknown)
Rizqiyani, Rifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan geometri peserta didik SMP/MTS pada materi bangun ruang sisi datar menurut Teori Van Hiele dengan mengggunakan metode study kasus. Salah satu siswa kelas VIII di MTS Negeri 11 Majalengka dijadikan subjek penelitian dengan metode sampling acak. Alat yang digunakan termasuk ujian tulis, survei, dan wawancara yang menunjukkan tingkat pemikiran geometri yang ditunjukkan oleh teori Van Hiele. Ujian tulis terdiri dari lima pertanyaan yang didasarkan pada teori Van Hiele dan divalidasi oleh dua pakar geometri. Pada tahap visualisasi, siswa menunjukkan kemampuan yang sangat baik, dengan nilai 85% dalam berpikir geometri. Pada tahap analisis, kemampuan siswa cukup tinggi dengan nilai 70% pada kemampuan berpikir geometri. Namun, pada tahap abstraksi, siswa mengalami kesulitan signifikan, dengan nilai 40% dalam kemampuan berpikir geometri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kebanyakan peserta didik masih berada pada tahap 1 dan 2. Tak seperti pendapat van Hiele yang mengungkapkan bahwa level berpikir geometri untuk peserta didik SMP berada di level 3. Menurut hasil penelitian, penting untuk melaksanakan pemerikasaan lebih lanjut mengenai level berpikir geometri peserta didik SMP lainnya

Copyrights © 2025