Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media permainan ular tangga dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mesjid Raya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Mesjid Raya yang berjumlah 90 siswa dengan pegambilan sampel dua kelas melalui teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotsis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung 2.19 ttabel 1.68 yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model TGT berbantuan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang diajarkan dengan model STAD pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Mesjid Raya
Copyrights © 2024