Tujuan penelitian ini adalah memaparkan pembelajaran diferensiasi unggah-ungguh sapa aruh melalui media sinar sebagai implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) di SMP Negeri 1 Sleman. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah Media SINAR dirancang untuk mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa, memungkinkan pendekatan yang lebih inklusif dan berorientasi pada kebutuhan masing-masing siswa. Dalam penerapan ini, Google Sites berfungsi sebagai sarana penyampaian materi, contoh, dan interaksi melalui fitur-fitur multimedia yang memudahkan siswa untuk mengakses dan mempraktikkan konsep unggah-ungguh sapa aruh.
Copyrights © 2024