Pijar Pelita: Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2025): Mei

Analisis Pengaruh Status Akreditasi terhadap Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah: Studi Kasus MTSN 3 Probolinggo

Hizamuddin Syah (Nurul Jadid University)
Siti Fatimah (Nurul Jadid University)
Noqti Nuril Khovi (Nurul Jadid University)
Rahmat Yahya (Nurul Jadid University)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status akreditasi terhadap keputusan orang tua dalam memilih MTSN 3 Probolinggo, serta mempertimbangkan faktor lain seperti biaya, fasilitas, dan lokasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi kepada orang tua siswa. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa akreditasi sekolah memegang peranan penting dalam menentukan pilihan orang tua, di mana status akreditasi yang baik memberikan rasa percaya diri dan rasa aman bahwa anak-anak mereka akan menerima pendidikan berkualitas. Namun, faktor lain seperti biaya pendidikan dan kedekatan lokasi juga turut mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya akreditasi dalam pemilihan sekolah, terutama di daerah dengan kondisi sosial ekonomi yang bervariasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa akreditasi menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan orang tua, meskipun faktor praktis lainnya tetap berperan. Untuk penelitian berikutnya, disarankan untuk menggali lebih dalam pengaruh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pilihan sekolah dalam konteks pendidikan yang lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Pijar Pelita Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education is a scientific journal published by PT Rizkarya Cendekia Pustaka. This journal is a means of publishing research results and theoretical studies related to early childhood education, both in the context of ...