Man-Ana
Vol. 1 No. 1 (2024): Man-Ana: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pengaruh Pembiasaan Jum’at Sebar Ilmu Terhadap Karakter Disiplin Siswa Studi Kasus SMPN 1 Kunir Lumajang

Syamsul (InstitutAgamaIslamSyarifuddin)
Rizki Dwi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yakni: 1) Mengetahui Pengaruh Program Pembiasaan Jum’at SEBAR ILMU Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Kunir Tahun Pelajaran 2023-2024. 2) Mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Program Pembiasaan Jum’at SEBAR ILMU Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Kunir Tahun Pelajaran 2023-2024. Batasan dari penelitian ini adalah lokasi penelitian yang melingkupi SMPN 1 Kunir, selain itu peneliti juga memberikan batasan pada penetapan responden yakni peserta didik aktif SMPN 1 Kunir tahun pelajaran 2023- 2024. Penelitian ini memiliki beberapa kebaruan, seperti jenis pembiasaan, lokasi penelitian beserta obyek penelitianya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah Uji Instrumen yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas, kemudian Uji Persyaratan Analisis/ Asumsi Klasik yang terdiri dari uji normalitas, linieritas dan heteroskedastisitas, dilanjut dengan analisis regresi linier Sederhana dan kemudian teknik analisis diakhiri dengan Uji Hipotesis yang terdiri dari uji t dan koefisien determinasi. Adapun temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Program Pembiasaan Jum’at SEBAR ILMU Berpengaruh Terhadap Karakter Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Kunir Tahun Pelajaran 2023-2024, dibuktikan dengan perolehan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 12,029 > t tabel 1,960 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Program pembiasaan Jum’at SEBAR ILMU berpengaruh sebesar 49,4% terhadap karakter disiplin siswa SMPN 1 Kunir tahun pelajaran 2023- 2024, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 0,494. Sedangkan 50,6 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

man-anaa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

The Man-Ana Journal aims to provide a scientific forum that accommodates the latest research in the following scientific areas: Islamic Education Science Learning strategies Education Curriculum Islamic Education Policy Learning Evaluation Philosophy of Islamic ...