Prawara Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 4 (2024): PRAWARA JURNAL ABDIMAS

Pelatihan Membuat Bahan Ajar Interaktif Dan Menarik Menggunakan Canva

Juniarti Eka Safitri (Universitas Nusa Mandiri)
Juarni Siregar (Universitas Nusa Mandiri)
Ani Yoraeni (Universitas Nusa Mandiri)
Findi Ayu Sariasih (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan desain guru dalam membuat bahan ajar interaktif dan menarik menggunakan Canva pada Raudhatul Athfal (RA) Al Muttaqin. Bahan ajar yang interaktif dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, khususnya bagi siswa usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi hasil karya guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam menggunakan Canva, termasuk pemahaman terhadap fitur-fiturnya, penerapan elemen desain yang relevan, dan kemampuan menciptakan bahan ajar berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebelum pelatihan, hanya 20% guru yang mampu membuat desain sederhana; namun, setelah pelatihan, angka ini meningkat menjadi 90%, dengan kualitas desain yang lebih menarik dan profesional.Selain itu, peserta melaporkan peningkatan kreativitas dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Implikasi dari kegiatan ini mencakup penggunaan bahan ajar digital yang lebih variatif di kelas, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis aplikasi desain modern seperti Canva dapat menjadi solusi inovatif untuk pengembangan kompetensi guru dalam era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

PRAWARA Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu. Tujuan jurnal ini adalah menjadi media diseminasi bagi akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mendokumentasikan serta merefleksikan praktik nyata ...