Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol. 7 No. 4 (2022): November 2022

Efektivitas Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMK Pancasakti Makassar

Harnipa (Universitas Pancasakti Makassar Indonesia)
I Gede Purwana Edi Saputra (Universitas Sembilanbelas November Kolaka Indonesia)
Nurhikmah Hasan (Universitas Pancasakti Makassar Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan inkuiri pada hasil belajar fisika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasakti, semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni tes hasil belajar koognitif siswa dan lembar observasi kekatifan dan sikap belajar siswa untuk aspek psikomotorik dan afektif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 78,4, pada aspek psikomotorik diperoleh skor rata-rata sebesar 79.46, dan untuk aspek afektif diperoleh skor rata-rata sebesar 12,71. Dari hasil analisis inferensial untuk aspek kognitif diperoleh Zhitung = 1,46 < Ztabel = 1,64, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa untuk aspek kognitif hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi atau persentase siswa yang mencapai KKM > 75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika publishes research articles in the field of Physics Education which include Physics Learning Models or Methods, Physics Learning Strategies, Physics Learning Media, ICT in Physics Learning, Physics Literacy Learning, Higher Order Thinking Skill Physics, Physics ...