Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 4 (2023): November 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di Era Kurikulum Merdeka

I Gede Purwana Edi Saputra (Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif menggunakan aplikasi Lectora Inspire sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa di era implementasi Kurikulum Merdeka saat ini. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wundulako dengan mengunakan pendekatan pre-test and post-test untuk melihat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni kevalidan media pada aspek konstruk sebesar 0,86 dan aspek isi sebesar 0,83 yang berarti bahwa media yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi. Keefektifan media diperoleh hasil dari peningkatan hasil belajar sebesar 0,68 yang berarti bahwa media pembelajaran fisika yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire efektif untuk digunakan. Sedangkan untuk kepraktisan media diperoleh dari hasil analisis respons siswa terhadap media yang dikembangkan yakni sebesar 77,29% dan analisis respons guru sebesar 74,45% yang berarti bahwa media praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika publishes research articles in the field of Physics Education which include Physics Learning Models or Methods, Physics Learning Strategies, Physics Learning Media, ICT in Physics Learning, Physics Literacy Learning, Higher Order Thinking Skill Physics, Physics ...