Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran biologi sangat penting, tetapi jarang digunakan karena keterbatasan waktu, alat dan bahan serta faktor resiko kecelakaan. Selain itu, sikap ilmiah siswa ssering luput dari perhatian guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan praktikum virtual.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada konsep daur biogeokimia menggunakan praktikum virtual. Metode weak experiment dan desain the one-group pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini. Praktikum virtual diterapkan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur sebanyak dua kelas. Kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas replikasi untuk memperkuat hasil penelitian.Temuan penelitian menunjukkan bahwa praktikum virtual secara signifikan meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas X pada konsep daur biogeokimia (Kelas X1 N-gain = 0,21; X2, N-gain = 0,12). Praktikum virtual pada konsep daur biogeokimia dapat digunakan oleh guru di sekolah sebagai alternatif pembelajaran untuk mengembangkan sikap ilmiah siswa.
Copyrights © 2017