Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Penerapan Strategi Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawaid Nahwiyah Peserta Didik Kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung

Hamid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Tulisan ini berbicara tentang “Strategi Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar al-Qowaid al-Nahwiyah Pada Peserta Didik kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung”, dengantujuanpenelitianuntukmengetahuipenerapan Strategi Pembelajaran STAD untukMeningkatkan Hasil Belajar Al-Qowaid An-nahwiyah Pada Peserta Didik kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung”?.Selanjutnya, penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisa dengan cara befikir induktif dimana dalam pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan oleh penulis dalam proses pembelajaran dengan penerapan Strategi Pembelajaran STAD di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung. Dengan dokumentasi, interview dan hasil tes belajar digunakan untuk melengkapi data hasil belajar dan data lain yang diperlukan.Berdasarkanpaparan di atas, makatemuan penelitian yang dihasilkan bahwa Strategi Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajarAl-qowaid An-nahwiyah peserta didik. Hal ini dapat diperoleh dari siklus I 63% yang mencapai ketuntasan, dan tidak tuntas 37%, pada siklus II  83% yang mencapai ketuntasan, dan tidak tuntas 17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran STAD yang diterapkan pada mata pelajaran bahasa arab dengan materi hobi dan profesi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII dan bisa menjadi masukan atau rujukan terhadap sekolah dengan menggunakan Strategi Pembelajaran STAD di MTs Al-Khairiyah Bandar Lampung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

albayan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab published twice a year since 2010 (June and December). Since 2017 this journal began in the online, is a multilingual (Indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education. This journal is published by the ...