Bahan ajar atau materi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan.Peran bahan ajar dalam proses pembelajaran selain sebagai alat bantu komunikasi untuk menyampaikan pesan guru kepada siswa, bahan ajar juga efektif untuk membantu siswa dalam mempelajari lebih lanjut materi yang belum dipahami. Pengembangan bahan ajar juga perlu dilakukan, untuk meningkatkan kulaitas pembelajaran. Penggunaan modul dalam pembelajaran merupakan salah satu langkah yang dapat untuk meningkatkan kualitas pembelajaranĀ pada siswa. Penggunaan modul diharapkan dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas, dan dengan hasil (output) yang berkualitas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menganalisis danĀ mengembangkan modul tarakib di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Berdasarkan hasil penelitian, maka temuan yang dihasilkan bahwa hasil validasi dari ahli materi dinyatakan baik dengan rata-rata 78%, kemudian hasil validasi dari ahli media dinyatakan sangat baik dengan rata-rata 88%. Hasil validasi dari guru bahasa Arab sebesar 82% dengan kriteria interpretasi sangat baik.Hasil uji coba respon siswa menyatakan bahwa modul tarakib sangat menarik, yang artinya siswa mampu memahami modul tarakib dengan baik.Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, guru, serta respon siswa menunjukkan bahwa modul dalam kriteria layak untuk digunakan sebgai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi tarakib.Modul sebagai bahan ajar mandiri, modul diharapkan dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, tuntas, dan dengan hasil yang berkualitas
Copyrights © 2016