Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2015): Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika

KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

Suherman, Suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2015

Abstract

Pendidikan matematika selama ini tidak berhasil meningkatkan pemahaman matematika yang baik pada siswa, tetapi berhasil menumbuhkan perasaan takut, persepsi terhadap matematika sebagai ilmu yang sukar dikuasai, tidak bermakna, membosankan, menyebabkan stres pada diri siswa. Kreativitas dalam berfikir sangat mempengaruhi proses belajar. Kemampuan matematika bagi siswa dalam proses belajar selanjutnya maka masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dan sikap siswa terhadap matematika yang cenderung negatif perlu diupayakan pemecahannya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode tes. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara memilih hasil pengerjaan siswa. Hasil reduksi yang telah dipaparkan, kemudian dipaparkan dalam bentuk analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mempelajari pola bilangan lebih menarik dan mudah jika menggunakan pendekatan matematika realistik. 2). Pembelajaran matematika realistik memperkenalkan masalah yang bersifat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. 3) Pembelajaran matematika realistik menekankan pada penanaman konsep pemahaman, kreativitas siswa dan poses nalar dalam matematika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

AL-JABAR

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, with registered number p-ISSN: 2086-5872 (print), e-ISSN: 2540-7562 (online), is a scientific journal published by Mathematics Education IAIN Raden Intan Lampung. The aim of this journal publication is to disseminate new theories and research results that ...