Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 5 No 1 (2018): TERAMPIL

KONTRIBUSI INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MINI ZOO MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI

EVA, NUR (Unknown)
CITRA, AULIA GUSTINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kontribusi interaksi guru siswa dan proses pembelajaran IPA menggunakan alat peraga baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga mini zoo. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan correlational research berjumlah 210 orang. Teknik  sampling dengan stratified proportional random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 30 orang,  Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment.   Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat kontribusi positif antara guru-siswa sebesar  0,484  terhadap hasil belajar. (2) ada hubungan positif antara proses pembelajaran sebesar 0,447  terhadap hasil belajar. (3) ada hubungan positif sebesar  0,539 diantara guru siswa dan proses pembelajaran bersama-sama terhadap hasil belajar. Hasilnya  membuktikan bahwa motivasi belajar dan metode pembelajaran baik secara bersama-sama atau individu mempunyai kontribusi positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan alat peraga mini zoo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...