Masalah penelitian ini adalah keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Gedong Air masih rendah. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negerib6 Gedong Air. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental design menggunakan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya peserta didik kelas V SD Negeri, ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri, dan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Gedong Air Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020
Copyrights © 2020