Pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid 19 merupakan gaya hidup baru saat ini dengan tujuan pembatasan interaksi sosial guna menekan penyebaran virus corona. Dengan merapkan gaya hidup baru termasuk pada kegiatan belajar terutama pada pembelajaran IPS yang terkait dengan isu-isu sosial tentu menjadi sebuah problematika tersendiri bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahu terkait problematika guru SD dalam pembelajaran IPS selama masa pandemi covid-19 yang pembahasannya meliputi; pelaksanaan pembelajaran IPS jarak jauh, problematika guru dalam pembelajaran IPS jarak jauh, serta solusi problematika guru dalam pembelajaran IPS jarak jauh di SD. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskripstif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Proses pembelajaran IPS jarak jauh di SD pada masa pandemi covid-19 antara lain; memberikan materi menggunakan whatsapp, menjelaskan materi menggunakan youtube, menjelaskan materi dan berdiskusi menggunakan zoom, mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizy, mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan google form, 2) Problematika guru SD dalam pembelajaran IPS jarak jauh di masa pandemi covid-19 antara lain; kurangnya sarana dan prasarana, guru kurang menguasai IT, kurangnya interaksi sosial, sulit memberikan gambaran konkrit kepada siswa, beban tugas siswa terlalu banyak, berkurangnya alokasi waktu jam pelajaran, kurangnya dampingan dan pengawasan orang tua, 3) Solusi problematika guru SD dalam pembelajaran IPS jarak jauh di masa pandemi covid-19 antara lain sebagai berikut; optimalisasi media pembelajaran, pembelajaran kontekstual, kerja sama guru dan orangtua, mengurangi beban tugas siswa yang bersifat tes, membuat modul pembelajaran, kunjungan ke rumah siswa.
Copyrights © 2020