Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 8 No 1 (2021): TERAMPIL

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI

Asiah, Nur (Unknown)
Shawmi, Ayu Nur (Unknown)
Megantara, Silvi (Unknown)
Wibowo, Djoko Rohadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik serta mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran tematik. Adapun manfaat penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan alternatif pada pembelajaran, dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh ADDIE. Penelitian menggunakan lima langkah sebagai berikut: Analysis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: angket ahli materi, angket ahli media, angket ahli bahasa serta angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk dan menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain berupa media permainan ular tangga pada pembelajaran tematik memperoleh presentase kelayakan 90% oleh ahli materi, 75% oleh ahli media, 80,55% oleh ahli bahasa danĀ  86% oleh pendidik. Presentase respon peserta didik terhadap kemenarikan produk memperoleh 88,85% pada uji coba skala kecil serta 91,57% pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...