AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 8 No 2 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Faktor Determinan yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Berbasis Mutu Perguruan Tinggi

Farida, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Artikel ini memberikan kontribusi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (1) kepemimpinan terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (2) motivasi dosen terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (3) iklim kampus terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (4) kepemimpinan, motivasi dosen, dan iklim kampus terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi. Metode yang akan digunakan dalam artikel ini adalah metode survey. Sesuai dengan variabel-variabel yang ada di dalam artikel ini maka penentuan responden yang menilai adalah sebagai berikut: kepimpinan dengan responden pejabat di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Motivasi prestasi dengan responden dosen. Iklim kampus, dengan responden dosen. Kinerja dosen berbasis mutu perguruan tinggi dengan responden dosen. 3Untuk teknik analisis yang digunakan adalah path analisis, dengan melakukan beberapa uji antara lain meliputi uji persyaratan statistic sebagai persyaratan, uji korelasi dan uji path atau path analysis. Hasil analisis dan pembahasan yang didapat adalah sebagai berikut; (1) Kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi dan tidak mempunyai pengaruh tidak langsung, (2) Motivasi berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja dosen (3) Iklim Kampus  berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen. (4) Kepemimpinan, motivasi dosen,  dan iklim kampus secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi. Keywords: Iklim Kampus, Kepemimpinan,  Kinerja Dosen, Motivasi Dosen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...