. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan motivasi kerja tenaga kependidikan, adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (a) ) Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kab. Sumedang, (b) Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kab. Sumedang dan (c) Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri  se-Kabupaten Sumedang. Dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan menggunakan teknik sampling total yaitu dimana semua populasi sebanyak 85 dijadikan sampel. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (a) Kepemimpinan kepala madrasah termasuk kualifikasi sangat tinggi, karena berada pada rentang interval 4,20- 5,00 yaitu 4,23 (kualifikasi tinggi). (b) Motivasi kerja Tenaga Kependidikan termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 yaitu 3,93 (kualifikasi tinggi). (c) Hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan mtivasi kerja tenaga kependidikan terdapat hubungan sebesar 0,725, dengan harga koefisien masuk kategori 0.51 – 0.75 yang artinya ada hubungan yang kuat. Artinya, semakin dioptimalkanya kepemimpinan kepala madrasah maka motivasi kerja tenaga kependidikan meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021