Manajemen program adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, metode, alat dan teknik untuk memenuhi kebutuhan program. Manajemen program merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dengan tujuan efektif dan efisien pelaksanaan program-program yang dirangkai di madrasah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Lampung Utara yang memiliki tujuan meningkatkan dan memperbaiki bacaan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data observasi, wawancara kepada pihak madrasah dan didukung dengan dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen program tahfidz Al-Qur’an. Hasil penelitian yang dapat ditunjukan: Perencanaan, berusaha untuk mengoptimalkan dikarenakan hafalan yang dimiliki peserta didik belum mencapai 80 persen. Pengorganisasian yang dilakukan adalah dengan mengkategorikan kegiatan tahfidz Al-Qur’an menjadi tiga yakni tahfidz khusus, tahfidz reguler dan BBQ dan didampingi guru tahfidz khusus serta dibuatkan struktur pengurus program dan penggunaan metode hafalan menggunakan setoran, fardi (mandiri), talaqqi dan muroja’ah. Pelaksanaan program tahfidz dilakukan diwaktu pagi mulai jam 7.00 sampai 7.30. Pengawasan program tahfidz dilakukan dengan membentuk koordinator tahfidz kelas X, XI, dan XII serta pengawasan kepala madrasah dengan tersebarnya CCTV di seluruh kelas dan ruangan masjid
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023