AL-ATHFAAL : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 2 No. 2 (2019): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

Pengembangan Sekolah Inklusi dan Pengaruhnya Terhadap Strategi Asesmen Anak Difabel

zahroh, shofiyatuz (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi kurikulum terhadap anak berkebutuhan khusus, strategi penilaian anak berkebutuhan khusus, metode atau strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dan konsep pendidikan inklusi. Penelitian ini dilakukan di Safa Islamic Preschool Yogyakarta, 2019 yang mengembangkan kurikulum 2013 dan dikombinasikan dengan kurikulum Montessori yang bernafaskan Islam. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendektakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah, Safa Islamic Preschool benar-benar menjaga marwah sistem pendidikan inklusi, dengan membuat perencanaan yang matang terhadap proses pembelajaran serta penilaian anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan anak berkebutuhan khusus mampu mengembangkan potensinya dengan baik sesuai dengan hambatan yang dimilikinya, shadowteacher mampu membimbing anak dalam mengembangkan potensinya, lingkungan mampu menciptakan situasi yng sangatmendukung terhadap perkembangan anak, penilaian dilakukan sesuai dengan proseduranak berkebutuhan khusus. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-athfaal

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Raden Intan Lampung. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Pendidikan Islam ...