Pertumbuhan ritel modern didukung oleh perubahan perilaku konsumen dan persaingan yang kompetitif dalam bisnis ritel. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha, khususnya di sektor ritel adalah melalui strategi peningkatakn pembelian impulsive oleh konsumen. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan oleh toko ritel untuk meningkatkan pembelian impulsif. Indomaret sebagai salah satu ritel di Indonesia menerapkan strategi dengan memberikan diskon harga, menampilkan informasi promosi melalui digital signage, serta memutar musik untuk menciptakan suasana yang nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai peran diskon harga, visual merchandising, dan atmosfer toko terhadap pembelian impulsif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon harga, visual merchandising, dan atmosfer toko berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Berdasarkan temuan ini, Indomaret khususnya di Kota Magelang dapat terus mengembangkan strategi diskon harga yang lebih kreatif, memperindah tampilan toko, serta meningkatkan kenyamanan suasana toko agar dapat mempertahankan konsumen dan menghadapi persaingan bisnis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025