Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies
Vol. 3 No. 2 (2023): Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies

Stereotype Sekolah Inklusi dan Minimnya Guru Laki-Laki

Lestari, Dita (Unknown)
Jono, Ali Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Sekolah-sekolah berbasis inklusi di Kota Bengkulu kesulitan mencari guru laki-laki. Hal ini berkaitan dengan stretype masyarakat bahwa perempuan lebih sabar, lebih telaten dan lebih tepat dalam mengasuh dan merawat anak inklusi. Pandangan ini berdampak pada pihak sekolah kesulitan dalam menerapkan pembelajaran pendidikan seksual pada anak berkebutuhan khusus yang beranjak remaja. Anak-anak ini secara kognitif terbatas, tetapi perkembangan seksual dan emosinya setara dengan anak reguler. Metodologi penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan 3 tahap koding yaitu open koding, axial koding dan selektif koding. Hasil penelitain menunjukkan adanya sterotupe negatif dari masyarakat dan orangtua calns siwa mengenai sekolah inklusi serta tidak adanya guru pendamping berjenis kelamin laki-laki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alHuwiyah

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies is published by the Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak) LP2M, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. The journal has been issued two times a year every June and Desember. Al Huwiyah invites scholarly articles on ...