Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick  terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel non probality jenis purposive sampling dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan prestest dengan nilai rata-rata 59,93 kategori tidak baik. Setelah penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan terhadap posttest dengan nilai rata-rata 82,93 kategori baik. Tingkatan keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi yang diperoleh sebesar 0,644
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024