CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No.1 Tahun 2025

Analisis Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Terhadap Teori Belajar dan Standar Proses NCTM dalam Konteks Pembelajaran Matematika

Wahyuningsih, Baiq Yuni (Unknown)
Putri, Hikmah Ramdhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbasis tema Miniatur Sasambo terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis mahasiswa calon guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Proses pembelajaran mencakup perencanaan proyek, pengukuran, pembuatan miniatur, serta refleksi dan presentasi hasil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan tema Miniatur Sasambo meningkatkan minat belajar mahasiswa, yang terlihat dari antusiasme dan keterlibatan aktif selama pembelajaran. Selain itu, pemahaman matematis mahasiswa juga meningkat, dibuktikan dengan perbedaan skor pre-test dan post-test, dari rata-rata 68 menjadi 83. Proyek ini memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan konsep matematika seperti pengukuran, geometri, skala, dan simetri dalam konteks nyata.Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis proyek dengan tema Miniatur Sasambo memberikan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan bermakna, sehingga efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematis mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CARTESIUS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus ...