Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 7 No 2 Desember 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP SANTO YOSEPH MEDAN

Liana, Liana (Unknown)
Gultom, Candra Ronitua (Unknown)
Olivia, Maria Anggie (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Santo Yoseph Medan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan. Jenis penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design yang menggunakan 2 kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tes dalam bentuk soal essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII A selaku kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 82,02 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII B selaku kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yaitu 57,14. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 11,62 dan ttabel = 1,99 maka nilai Thitung > Ttabel sehingga diterima H1 atau Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...