Penelitian ini bertujuan guna mengkaji kegunaan sarana pembelajaran interaktif Wordwall menyampaikan materi teater tradisional pada siswa kelas XI SMAN 1 Jatisari, Kabupaten Karawang, pada khususnya kegiatan spontanitas dalam improvisasi dialog. Latar belakang penelitian ini didasari kebutuhan akan media yang dapat mendorong partisipasi aktif, berpikir kreatif, serta menumbuhkan apresiasi siswa terhadap seni pertunjukan lokal, khususnya Topeng Banjet dari kelompok Sinar Pusaka Warna. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, dokumentasi proses pembelajaran, serta angket sebagai pelengkap (opsional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall berdampak positif terhadap keterlibatan siswa. Media ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keberanian siswa dalam berkomunikasi dan berekspresi, serta melatih spontanitas mereka dalam berimprovisasi. Kesimpulannya, Wordwall layak dipertimbangkan sebagai media pembelajaran kontekstual untuk materi seni teater, terutama dalam mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan yang aktif dan bermakna.
Copyrights © 2025