Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Teater Tradisional: Studi Kasus Apresiasi Topeng Banjet di SMAN 1 Jatisari

Hartono, Rudi (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)
Lestari, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengkaji kegunaan sarana pembelajaran interaktif Wordwall menyampaikan materi teater tradisional pada siswa kelas XI SMAN 1 Jatisari, Kabupaten Karawang, pada khususnya kegiatan spontanitas dalam improvisasi dialog. Latar belakang penelitian ini didasari kebutuhan akan media yang dapat mendorong partisipasi aktif, berpikir kreatif, serta menumbuhkan apresiasi siswa terhadap seni pertunjukan lokal, khususnya Topeng Banjet dari kelompok Sinar Pusaka Warna. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, dokumentasi proses pembelajaran, serta angket sebagai pelengkap (opsional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall berdampak positif terhadap keterlibatan siswa. Media ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keberanian siswa dalam berkomunikasi dan berekspresi, serta melatih spontanitas mereka dalam berimprovisasi. Kesimpulannya, Wordwall layak dipertimbangkan sebagai media pembelajaran kontekstual untuk materi seni teater, terutama dalam mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan yang aktif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...