Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak sebelum penerapan Bermain statak di Taman Kanak-Kanak Adiba Tarai Bangun Kabupaten Kampar, 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak setelah penerapan bermain statak di Taman Kanak-Kanak Adiba Tarai Bangun Kabupaten Kampar, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan bermain statak terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Adiba Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan eksperimen yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Adapun Sampel penelitian yaitu anak kelas B yang terdiri dari 20 orang, 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penerapan Bermain statak sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Adiba Tarai Bangun Kabupaten Kampar, hal ini di buktikan hasil t hitung > t tabel, (17,571>1.729) dan signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05), maka Ho ditolak Ha diterima serta dominasi perkembangan berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dan BSH (Berkembang sesuai harapan). Artinya semakin kreatif guru dalam menggunakan bermain statak sebagai media pembelajaran maka semakin meningkat pula kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun dengan mencapai perkembangan yang sangat baik. Selain itu juga dilihat dari nilai rata-rata antara kelas Control mencapai 46,46% sedangkan kelas Eksperimen 51,67%. Jadi adanya perbedaan dimana kelas Eksperimen yang menggunakan bermain statak sebagai media pembelajaran lebih baik dibandingkan kelas Control dalam mempengaruhi kemampuan membaca permulaan anak. Artinya bermain statak merupakan media pembelajaran yang menarik.
Copyrights © 2025