Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengaruh Komunikasi Efektif Orang Tua terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan GBKP Pekanbaru

Kaban, Karyn Stevania (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Kemampuan berbicara anak usia dini merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan interaksi, terutama komunikasi yang terjalin dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara komunikasi efektif orang tua dan kemampuan berbicara anak usia 5–6 tahun. Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari 50 anak dan orang tua di TK Tunas Harapan GBKP Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui angket komunikasi dan lembar observasi kemampuan berbicara. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dilakukan uji normalitas dan linearitas data sebelum dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak tergolong cukup dengan rata-rata 73,40%, di mana indikator ekspresi ide dan informasi tinggi, namun penggunaan intonasi masih rendah. Analisis menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara komunikasi orang tua dan kemampuan berbicara anak (r = 0,933; p < 0,01), dengan kontribusi sebesar 87,1% (R² = 0,871). Komunikasi efektif orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Peningkatan kualitas komunikasi orang tua dapat secara langsung mendorong perkembangan kemampuan berbicara anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...