Kemampuan mengenal huruf merupakan bagian penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini dan menjadi landasan awal untuk keterampilan membaca. Berdasarkan observasi di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru, kemampuan mengenal huruf anak usia 4–5 tahun masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal huruf setelah diberikan perlakuan berupa permainan ular tangga besar yang terintegrasi dengan huruf. Rata-rata skor meningkat dari 6,05 pada pretest menjadi 12,35 pada posttest. Nilai gain ternormalisasi sebesar 63,3% termasuk dalam kategori sedang. Sebelum diberikan perlakuan, kemampuan mengenal huruf anak berada pada kategori mulai berkembang. Setelah penggunaan permainan ular tangga besar yang terintegrasi dengan huruf, kemampuan anak meningkat ke kategori berkembang sangat baik. Dengan demikian, media permainan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4–5 tahun.
Copyrights © 2025