Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Dari Gagasan ke tulisan: Hambatan Mahasiswa PBSI dalam Menulis Karya Ilmiah dan Strategi Penyelesaiannya

Irwansyah, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengalami hambatan dalam menulis karya ilmiah, serta mengeksplorasi implikasi pedagogis dari hambatan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan empat temuan utama. Pertama, terdapat kesenjangan antara keterampilan verbal dan tulisan ilmiah mahasiswa. Kedua, mahasiswa memiliki pemahaman yang sempit mengenai cakupan jurnal ilmiah yang relevan dengan disiplin ilmu mereka. Ketiga, kemampuan mahasiswa dalam melakukan kajian pustaka dan merumuskan kebaruan penelitian masih rendah. Keempat, sebagian besar mahasiswa belum menguasai teknologi penunjang penulisan ilmiah seperti software manajemen referensi. Temuan ini menegaskan perlunya pendekatan pedagogis yang terintegrasi dengan literasi digital dan strategi pembelajaran berbasis demonstrasi untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan literasi akademik yang lebih komprehensif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks LPTK dan pembinaan mahasiswa calon pendidik dan peneliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...