Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Hubungan Bullying dengan Self Harm pada Remaja SMA di Pekanbaru

Putra, Rizal Effendi (Unknown)
Ainun, Elinda (Unknown)
Aiyuda, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara bullying dengan self harm pada remaja SMA di Pekanbaru. Bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan pelaku kepada korban, sehingga membuat korban merasa tertekan, cemas dan depresi yang mengarahkannya untuk melakukan self harm.  Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara bullying dengan self harm pada remaja SMA di Pekanbaru dengan arah hubungan yang positif dan apakah terdapat hubungan antara bullying baik secara verbal, physical, emotional, dan cyber dengan self harm pada remaja SMA di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 344 remaja di tiga SMA di Pekanbaru, 130 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 214 lainnya berjenis kelamin perempuan. Subjek dikumpulkan menggunakan metode cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis ditemukan jika di teliti secara keseluruhan terdapat hubungan yang positif antara bullying dengan self harm dengan nilai sig. 0,000, dengan arah hubungan yang positif, serta terdapat hubungan antara bullying secara emotional dengan self harm, namun tidak ada hubungan antara bullying seacra verbal, physical, dan cyber. Adanya hubungan antara bullying secara emotional dengan self harm menjadi refleksi bagi remaja untuk melakukan pencegahan secara psikis maupun penanganan dalam menghindari bullying emotional yang tidak terlihat secara fisik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...