Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan flip book sebagai media pembelajaran dalam materi penyelamatan di air bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner daring yang disebarkan melalui Google Form. Sebanyak 100 mahasiswa berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap aspek efektivitas media flip book, yang meliputi kemudahan pemahaman, daya tarik visual, interaktivitas, dan relevansi materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan flip book dalam pembelajaran penyelamatan di air. Media ini dinilai efektif dalam membantu pemahaman materi, meningkatkan minat belajar, dan memudahkan akses informasi pembelajaran secara mandiri. Berdasarkan temuan tersebut, flip book dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran inovatif yang mendukung pembelajaran Pendidikan jasmani berbasis teori dan praktik, khususnya pada materi keselamatan di air. Penggunaan media ini diharapkan dapat terus dikembangkan dalam berbagai topik pembelajaran lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025