Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud
Volume 5, No. 1, Juli 2025, Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP)

Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Outbound TK Sekolah Alam Bandung

Nisa Nurzakiyah (Unknown)
Ayi Sobarna (Unknown)
Dinar Nur Inten (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Abstrak. Kecerdasan naturalis pada anak usia dini sangatlah penting dalam membangun kesadaran terhadap lingkungan dan mendukung pengembangan aspek lainnya. Namun, saat ini, aktivitas pembelajaran anak lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dengan metode yang kurang melibatkan interaksi langsung dengan alam. Hal ini menyebabkan anak kurang memiliki kesempatan untuk mengenal lingkungan sekitar secara mendalam, seperti mengenal tumbuhan, hewan, dan fenomena alam. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kegiatan Outbound dapat menjadi metode yang efektif dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini, khususnya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan di Sekolah Alam Bandung. Metode penelitian menggunakan Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. penelitian ini menggunkan tehnik analisisi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas dan guru outbound. Hasil penelitian dalam implementasi pengembangan kecerdasan naturalis melalui kegiatan Outbound kelompok B di sekolah alam bandung menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan naturalis melalui kegiatan Outbound yaitu: 1) perencanaan kegiatan yang meliputi penyusunan rencana pembelajaran tahunan, semester, mingguan 2) pelaksanaan sesuai capaian umur serta jenis kegiatan yang variatif sehingga pengembangan kecerdasan naturalis anak berkembang dengan optimal. 3) evaluasi penilaian sebagai alat ukur perkembangan dilakukan secara berskala untuk mengukur perkembangan kemampuan kecerdasan naturalis anak. 4) faktor pendukung seperti sarana dan prasana sekolah yang tersedia lalu hambatan yang di alami ketika kegiatan adanya perubahan cuaca. Abstract. Naturalist intelligence in early childhood is very important in building awareness of the environment and supporting the development of other aspects. However, currently, children's learning activities are mostly done indoors with methods that do not involve direct interaction with nature. This causes children to have less opportunity to get to know the surrounding environment in depth, such as recognizing plants, animals, and natural phenomena. Therefore, the purpose of this study is to analyze how Outbound activities can be an effective method in developing early childhood naturalist intelligence, especially through the stages of planning, implementation, and evaluation of activities at Sekolah Alam Bandung. The research method uses Qualitative Research with a Descriptive Approach. this research uses interview, documentation, and observation analysis techniques. Sources of research data include principals, classroom teachers and Outbound teachers. The results of the research in the implementation of naturalist intelligence development through group B Outbound activities at Bandung natural school show that the development of naturalist intelligence through Outbound activities includes 4 stages, namely: 1) planning activities which include the preparation of annual, semester, weekly learning plans 2) implementation according to age achievements and varied types of activities so that the development of children's naturalistic intelligence develops optimally. 3) Assessment evaluation as a developmental measurement tool is carried out on a scale to measure the development of children's naturalistic intelligence abilities. 4) Supporting factors such as available school facilities and infrastructure and obstacles experienced during activities when the weather changes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRPGP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian hasil riset dan teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Anak Usia Dini. JRPGP ini dipublikasikan pertamanya 2021 ...