Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud
Volume 5, No. 1, Juli 2025, Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP)

Implementasi Nilai Islam dalam Pengasuhan di Unisba Preschool and Daycare

Wulan Sari (Unknown)
Nan Rahminawati (Unknown)
Dewi Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Abstrak. Pengasuhan islami dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam di daycare bertujuan untuk membentuk anak yang berakhlakul karimah. Namun, dalam praktiknya sering menghadapi kendala, seperti kurangnya pengasuh dalam pemahaman agama, terbatasnya fasilitas penunjang, serta kurangnya keterlibatan orang tua. Dari fenomena ini, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep pengasuhan islami dalam mengimplementasikan nilai-nilai islam di Daycare Unisba Preschool and Daycare? (2) Bagaimana pengelolaan program pengasuhan islami dalam mengimplementasikan nilai-nilai islam di Daycare Unisba Preschool and Daycare? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai islam dalam pengasuhan islami di Daycare Unisba Preschool and Daycare? Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala daycare, pengasuh, dan orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh mengajarkan nilai-nilai islam kepada anak melalui pengenalan tentang Allah melalui menyanyikan asmaul husna, pembiasaan membaca Al-Qur'an, shalat dzuhur berjamaah, adab, akhlak, kedisipilinan, menciptakan lingkungan yang kondusif, bercerita, dan doa. Pengasuh menggunakan metode pengasuhan melalui pembiasaan, keteladanan, nasihat, perhatian, pujian, hukuman, dan kisah. Abstract. Islamic parenting by implementing Islamic values ​​in daycare aims to form children with noble character. However, in practice it often faces obstacles, such as the lack of caregivers in understanding religion, limited supporting facilities, and lack of parental involvement. From this phenomenon, the problem in this study is formulated as follows: (1) How is the concept of Islamic parenting in implementing Islamic values ​​in Daycare Unisba Preschool and Daycare? (2) How is the management of the Islamic parenting program in implementing Islamic values ​​in Daycare Unisba Preschool and Daycare? (3) What are the supporting and inhibiting factors in implementing Islamic values ​​in Islamic parenting in Daycare Unisba Preschool and Daycare? The researcher used a descriptive analysis method with a qualitative approach. Participants involved in this study were the head of the daycare, caregivers, and parents of the child. Data collection techniques used included interviews, observation, and documentation. While data analysis techniques consisted of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that caregivers taught Islamic values ​​to children through introduction to Allah through singing Asmaul Husna, habituation of reading the Qur'an, congregational Dzuhur prayer, manners, morals, discipline, creating a conducive environment, storytelling, and prayer. Caregivers used parenting methods through habituation, role models, advice, attention, praise, punishment, and stories.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRPGP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian hasil riset dan teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Anak Usia Dini. JRPGP ini dipublikasikan pertamanya 2021 ...