Shaut Al-'Arabiyah
Vol 13 No 2 (2025): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Makna Harfu Jar Min dalam Qashidah Al-Burdah Karya Imam Al-Būṣīrī (Kajian Sintaksis)

Munawan, Andis (Unknown)
Suprianto, Ade Ahmad (Unknown)
Mardiansyah, Yadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji fungsi dan makna ḥarf jar "min" (مِنْ) dalam Qasidah al-Burdah karya Imam al-Būṣīrī. Pendekatan yang digunakan adalah sintaksis-semantik dengan merujuk pada teori ma‘ānī al-ḥurūf Ibnu Hisyām. Data dikumpulkan melalui teknik simak dan dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik substitusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "min" memiliki beragam makna. Fungsi yang paling dominan adalah ibtidā’ al-ghāyah (permulaan atau titik asal), yang muncul sebanyak 21 kali. Fungsi ini digunakan untuk menunjukkan asal mula suatu objek atau peristiwa, baik secara fisik maupun konseptual. Selanjutnya, "min" juga banyak berfungsi sebagai bayān al-jins (penjelasan jenis atau kategori), yang ditemukan sebanyak 13 kali. Fungsi ini berperan dalam memerinci atau mengklasifikasikan entitas yang dibicarakan. Selain itu, "min" digunakan dalam makna at-ta‘līl (penyebab atau alasan) sebanyak 7 kali, untuk menjelaskan sebab terjadinya suatu kondisi atau tindakan. Penggunaan "min" dengan makna at-tab‘īḍ (sebagian dari keseluruhan) ditemukan sebanyak 6 kali, mengindikasikan bagian dari suatu totalitas. Dalam jumlah yang lebih sedikit, "min" juga bermakna murādifatu al-bā’ (sepadan dengan huruf bā’), sebanyak 2 kali, yang berfungsi menunjukkan alat atau sebab. Selain itu, ditemukan pula makna at-tanṣīṣ ‘alā al-‘umūm (penegasan terhadap keumuman) sebanyak 2 kali, serta makna al-faṣl (pemisah atau pembeda) sebanyak 1 kali. Keragaman makna tersebut menunjukkan kedalaman dan fleksibilitas bahasa Arab dalam menyampaikan nuansa makna dan ekspresi melalui satu unsur gramatikal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...