Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan reruntuhan Candi Buddha Sintong sebagai media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Tanah Putih, serta mengeksplorasi peranannya dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman kontekstual peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan situs bersejarah ini mampu meningkatkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran sejarah, memperkuat pemahaman lokalitas sejarah, serta menumbuhkan kesadaran pelestarian warisan budaya. Penggunaan situs secara langsung melalui kegiatan studi lapangan dan proyek kolaboratif juga memberikan pengalaman belajar yang autentik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi situs sejarah lokal seperti Candi Buddha Sintong sangat potensial untuk memperkaya metode pembelajaran sejarah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025