Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Saat ini, para pendidik diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu dan efektivitas proses belajar-mengajar. Penelitian ini mengkaji bagaimana media pembelajaran digital memengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar. Dengan menelaah 12 artikel ilmiah relevan yang diterbitkan antara tahun 2018 dan 2025, studi literatur ini menemukan bahwa penggunaan media digital seperti video edukatif, aplikasi interaktif, dan presentasi visual secara signifikan meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Media digital tidak hanya memudahkan akses informasi, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Meskipun demikian, keberhasilan penggunaan media digital sangat bergantung pada kemampuan guru dalam memilih dan mengelola media yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya literasi digital bagi pendidik dan perlunya strategi pemilihan media yang tepat agar teknologi dapat berfungsi optimal sebagai alat bantu pendidikan.
Copyrights © 2025