JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar

Meilany, Parida (Unknown)
Indriani, Rina (Unknown)
Puspitasari, Dahlia Rineva (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi wordwall dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional, perbedaan pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan aplikasi wordwall dengan penggunaan model konvensional dan besar pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan aplikasi wordwall. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 033 Asmi Bandung. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk tes (pretest dan posttest) dan non-tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (independent sample T-test), dan uji effect size dengan bantuan IBM SPSS Statistics 29. hasil penelitian, diperoleh gambaran pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi wordwall lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model konvensional dibuktikan dengan nilai rata – rata yang lebih tinggi. Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model PjBL berbantuan aplikasi wordwall secara signifikan sebesar 0,011 < dan besar pengaruh dalam uji effect size sebesar (0,752) dengan kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...