JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas 2 SD

Sa’diyah, Minkha Lailatus (Unknown)
Putri, Dea Rahma (Unknown)
Lestari, Marliana Putri (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Pada kelas 2 SD IT Al-Islamiyah, 60% siswa gagal mencapai KKTP pada materi pengukuran waktu, termasuk membaca jam analog dan membedakan satuan waktu. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran konstruktivisme terhadap pemahaman konsep matematika materi pengukuran waktu siswa kelas 2 SD IT Al-Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Pre-eksperimental Design. Peneliti menggunakan One Group Pretest-Post test Design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian yaitu siswa kelas 2 SD IT Al-Islamiyah yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxon, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pre-test dan post-test, yaitu 35,29 menjadi 57,05. Hasil uji Wilcoxon menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa. Selain itu, hasil N-Gain menunjukkan kemajuan sangat baik, terdapat siswa yang mencapai N-Gain score di atas 70% bahkan 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme efektif terhadap pemahaman konsep matematika materi pengukuran waktu siswa kelas 2 SD IT Al-Islamiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...