Penelitian ini mengkaji penerapan strategi pembelajaran etnopedagogi Melayu Riau dalam konteks materi bagian-bagian tubuh tumbuhan di tingkat sekolah dasar. Bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan ini terhadap pemahaman siswa, penelitian ini menerapkan pengembangan modul pengajaran yang terintegrasi dengan budaya lokal dan praktik pengajaran di kelas. Metode penulisan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang menganalisis hasil belajar siswa melalui pertanyaan sumatif dan permainan tanya jawab setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai tinggi, tetapi sebagian kecil masih mengalami kesulitan, termasuk dalam mengenali spesies tumbuhan lokal. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun etnopedagogi memiliki potensi positif, penerapannya memerlukan perhatian yang lebih dalam pada konteks budaya siswa dan strategi untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan mereka tentang lingkungan lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi budaya dalam pembelajaran IPA perlu terus dieksplorasi dan disempurnakan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara holistik.
Copyrights © 2025